NIAT BERBUKA PUASA RAMADHAN

                                         Bismillaahirrohmaanirrohiim
Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala


Niat adalah maksud atau keinginan kuat didalam hati untuk melakukan sesuatu. Dalam terminologi syar'i berarti adalah keinginan melakukan ketaatan kepada Allah dengan melaksanakan perbuatan atau meninggalkannya. 

Niat itu termasuk bagian dari iman karena niat termasuk amalan hati. Niat itu secara otomatis tertanam didalam hati, dengan meyakininya dalam hati, diucapankan dengan lisan tidak keras-keras dan dilaksanakan dengan amal buatan.

Puasa dalam agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan Niat Mengikuti perintah Allah dan untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Nabi muhammad SAW, bersabda,"apabila salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka berbukalah dengan kurma, apabila tidak ada kurma hendaklah dengan air karena sesungguhnya air itu dapat membersihkan"(H.R Abu Daud dan Turmudzi).

Ketika siang telah hilang, mata hari telah terbenam maka orang yang berpuasa sudah boleh berbuka puasa ramadhannya selain itu berbahagialah selalu orang-orang yang menyegerakan berbuka puasanya, begitu waktu magrib tiba tanpa ditunda lagi.

Nabi Mhammad SAW, bersabda:" Barang siapa memberikan makan kepada orang-orang yang berbuka puasa maka dia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang (menerima makan) berpuasa tidak di kurangi sedikitpun (H.R Attirmidzi).

Ayo, rekan-rekan mari kita berlomba-lomba meraih pahala berlipat ganda dengan Niat memberikan Berbuka Puasa Ramadhan kepada sesama muslim yang berpuasa.


Wabillahit Taufiq Wal Hidayah.

PASANGLAH DOA NIAT BERBUKA PUASA RAMADHAN